bos google starategi apple rugikan pengguna

Standar

KOMPAS.com – CEO Google Larry Page menyatakan kekecewaannya atas usaha Apple menghambat perkembangan raksasa internet itu. Dia juga merasa bahwa pendekatan “model pulau” yang diterapkan perusahaan berlambang buah itu merugikan dan mengisolasi konsumen.

“Saya pikir akan lebih baik seandainya kita bisa saling bekerjasama dan pengguna tak perlu jadi korban,” ujar Page pada Fortune, seperti dikutip oleh Slashgear. Menurut dia, Google ingin agar produk dan jasanya tersedia bagi sebanyak mungkin orang. Kadang Google “diperbolehkan melakukan itu oleh para kompetitornya”, di lain waktu mereka “tidak diperbolehkan”.

Belakangan, pada update iOS 6, Apple menyingkirkan beberapa layanan Google seperti YouTube dan Google Maps yang diganti dengan software maps buatan Apple sendiri.

Kecenderungan yang ditunjukkan oleh perusahaan lain untuk menghambat Google, menurut Page, bukan hanya merugikan Google namun juga para pengguna secara umum. Dia mengatakan bahwa ekosistem tertutup -seperti iTunes dan iOS App Store- berlawanan dengan semangat dan etos awal internet.

“Internet diciptakan dalam kampus-kampus dan dirancang untuk memudahkan orang-orang dalam bekerja sama. Saya pikir komersialisasi membuatnya seperti sebuah ‘pulau’ terpencil. Itu sangat disayangkan bagi pengguna,” ujar Page.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s