Smartfren Andromax Tab 7.0: Tablet Murah Tapi Bukan Murahan

Standar

Smartfren Andro Tab 7.0. Tablet dengan layar 7 inch ini dibanderol sekitar Rp 1,5 jutaan, tetapi ia sudah menjalankan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

OS ini memang masih di bawah Android Jelly Bean. Tetapi sebagian besar tablet Android kelas atas masih banyak yang mencicipi Android Es Krim. Jadi pilihan Andro Tab terhadap OS ini tentunya tak salah.

Desain

Sekilas, Andro Tab bak ponsel Andro Max dalam ukuran yang lebih besar. Ya, keduanya begitu mirip. Kesamaan mulai dari material casing yang digunakan hingga modelnya.

Andro Tab dilapisi oleh material plastik bewarna hitam glossy di bagian depan dan sedikit kelabu di bagian belakang. Bagian punggung sengaja didesain bertekstur agar menghasilkan pegangan yang mantap bagi pengguna. Terasa saat dicoba detikINET saat menggenggam perangkat ini, tak licin meski tangan tengah berkeringat.

Tidak ada tombol fisik di bagian depan. Tiga tombol navigasi utama berbentuk virtual yang ada dalam layar. Yakni fungsi Home, Back, serta Menu.

Tombol fisik hanya ada di sisi atas, yakni untuk on/off serta volume, di sini juga terdapat lubang audio jack 3.5 mm. Sementara lubang SD card, kartu RUIM, mini HDMI, dan micro USB, dan DC in hadir berurutan di sisi bawah. Meski ada colokan micro USB yang berfungsi untuk terhubung ke komputer, namun untuk pengisian baterai menggunakan DC-in.

Tampang Andro Tab lumayan menarik. Hanya saja bezel alias pembatas layar begitu lebar, sehingga kesan yang muncul adalah display perangkat ini menjadi tebal. Padahal menurut catatan di atas kertas, ia lumayan tipis dengan dimensi 199,5 x 126 x 10 mm.

Fitur

Andro Tab mengusung jaringan CDMA 2000 1x EVDO Rev A 800Mhz. Seperti Anda lihat dalam keterangan di atas, perangkat ini sudah dilengkapi kartu RUIM untuk Smartfren, sehingga bisa diandalkan untuk layanan data/internet ketika WiFi tak tersedia.

Pun demikian, ia tak bisa digunakan untuk telepon, melainkan cuma bisa dipakai untuk berkirim pesan (SMS). Kondisi ini sepertinya tak terlalu signifikan, karena kebutuhan pengguna pengguna tablet PC rasanya bukan untuk mencari alat halo-halo.

Untuk fitur bawaan Andro Tab bisa dibilang lumayan lengkap. Mulai dari Gmail, peta digital, Google Drive, Movie Studio, Cinema XXI, Gtalk, Places, YouTube, Viki, dan lainnya Play Store. Itu belum termasuk aplikasi besutan Smartfren yang terdiri dari Smartfren Store, Smart Pustaka, Uangku, Gudang Musik, serta Smartfren TV.

Aplikasi-aplikasi itulah yang cukup menjadi nilai tambah tablet PC Smartfren dibanding produk sejenis yang selevel. Sebab, dengan adanya aplikasi tersebut, pengguna cukup dimanjakan.

Beralih ke kemampuan layar, ia cukup nyaman kala dinavigasikan lewat sentuhan. Sebab kemampuannya sudah mengusung layar multitouch kapasitif. Tetapi tetap saja terbilang kurang gesit, jika dibandingkan tablet PC kelas atas.

Kemampuan

Ada dua kamera yang dibekalkan di Andro Tab, depan belakang masing-masing mengusung 2 MP. Kemampuannya? Ya, terbilang lumayan untuk sekelasnya. Fitur kamera di Andro Tab jadi terlihat menarik jika melihat kemasan pengaturannya (setting). Terlihat dinamis, mudah digunakan, dan dilengkapi scene mode auto dan night.

Kamera ini juga bisa digunakan untuk merekam video, dengan berbagai pengaturan white balance (auto, incandescent, daylight, fluorescent, dan cloudy). Ada pula pengaturan time lapse interval. Cukup menarik!

Selain itu, bagi mereka yang suka mengutak-atik gambar selanjutnya bakal disuguhi fitur edit foto di galeri. Di Anda bisa menjajal berbagai filter menarik untuk membuat foto jadi lebih keren. Ada pula fitur crop, red eye, flip, dan lainnya di fitur ini.

Sedangkan file video sudah disediakan pula aplikasi Movie Studio untuk merangkai berbagai hasil rekaman agar terlihat lebih menarik. Satu lagi kemampuannya, media player di perangkat ini sudah bisa menjalankan video HD 1080p. Hanya saja ketika dijajal detikINET, ketajamannya kurang terasa dan speakernya juga kurang menggelegar.

Untuk hasil benchmarknya, Andro Tab meraih nilai 1513 dengan aplikasi Quadrant Standart. Hasil ini memang masih kalah jauh jika dibandingkan perangkat yang lebih populer. Mulai dari Nexus S, Desire HD, ataupun HTC One X yang meraih skor di kisaran 4600. Sementara saat dijajal dengan Antutu, benchmark Andro Tab mencatat skor 2583.

Hasil benchmark Andro Tab paling rendah di sebelah kanan.

Spesifikasi Smartfren Andro Tab 7.0:

CDMA 2000 1x EVDO Rev A 800Mhz
Android 4.0 Ice Cream Sandwich
1 Ghz Processor (ARM Cortex-A8)
1GB RAM
7 inch TFT LED (1024 x 600)
Capacitive Multitouch Screen
Internal Storage 4GB Nand Flash
Battery Lithium 3000mAh
Google Apps
Built in GPS
Dual Camera: Back 2MP & Front 2MP
WiFi 802.11b/g/n, Bluetooth 2.1 , microUSB up to 32GB, mini HDMI
RUIM enabled
Google Apps, Adobe Flash Player ver10.3
Dimension 199.5 x 126 x 10mm

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s